Selasa, 25 Januari 2011

back up ur data!!thalasemia!

Oh my god!!!

Pepatah bilang,,, Terjatuh lagi di lubang yang sama..
Kalo kata kerispati,, "... Dan kesalahan yang sama".

Sebagai mahasiswa,, presentasi uda makanan sehari,, setiap kelas dibagi beberapa kelompok dan diberi waktu tertentu untuk maju presentasi. Kali ini aku di kasih kasus tentang thalasemia, kami terdiri dari 5 orang, ada aku (qorii), sita, aad, memed dan 1 pria paling tampan imam namanya. Menurut teman – teman aku, imam itu seperti bintang film, mirip sekali seperti azam di film ketika cinta bertasbih. Tahi lalat sebagai pemanis di wajahnya di dekat hidungnya. Serius dia mirip banget ama azam, mungkin untuk versi minimalisnya. Hhaha.. pissss iiia mam.

Punya teman sekelompok anak cowo itu banyak manfaatnya, misalnya, “mam, lu kan dari tadi gak ngapa – ngapain, lu yang poto kopi dung”. “… mam, minjem buku dung di perpus”. “… mam, jilid ni makalah”. “… mam, beliin baso dung”. *beeeuuhhh… dia itu teman sekolompok atau babunya kelompok iiia??

Sita anak yang rajin, teman – teman bilang dia mahluk halusnya perpus, penghuni tetapnya perpus. Anak yang alim dan anaknya para dosen – dosen. Dia yang nyariin bahan dari buku – buku.

Aku adalah aku, mereka memanggilku qorii, mereka menjuluki aku penjaga warnet. Emang teman – temen kelas aku orangnya cablak, ada – ada aja nama – nama julukan buat anak – anak kelas. Penjaga warnet, *suka dongkol sebenernya tapi tak apalah, buat seru – seruan aja. Soalnya gw rajin banget banget kunjungan dan duduk manis berjam – jam tanpa inget waktu karena asik berinternetan ria. Aku emang suka dunia internetan. Biasanya (bukan tiap hari juga lho), emang aku orang pertama dan terakhir yang berada di lab komp. Sebenernya di kelas juga ada wifi, tapi aku males bawa laptop ke kelas, soalnya berat trus resiko tinggi, gak aman di kelas, duit aja di tinggal bisa bablas.

Ok! Kembali ke topik utama, semua tugas selesai di kerjakan. Buat makalah, buat power point untuk presentasi semua sudah beres. Tinggal maju presentasi. Power point d save di FD aku karena emang aku yang ngerjain, sedangkan makalah mentahanya di simpen di laptop memed, si aad yang disuruh ngeprint, di copilah ntu materi k FD nya aad.

Kita tidak akan pernah tau rencana allah, semua sudah matang tinggal maju presentasi, pas mau di colok ntu FD ke laptop pendidikan ternyata FD aku rusak, kena virus, semua data ilang, gak tau dehh virus apa yang meneyerang FD aku, padahal ntu FD udah aku kasih Imun, biar antibodinya kuat, tapi tetap aja keserang virus. Berhubung ntu tugas PP (power point) cuma aku yang punya, dan salahnya aku ntu data gak aku back up lagi, dan butuh waktu yang cukup agak lama untuk buat baru, jadi minggu ini kita gagal maju presentasi, nilai berkurang karena tidak tepat waktu.

Ada sedikit perang mulut antara aku dan memed, “lu, kenapa gak bilang kalo FD lu rusak!”. “lu piker gw bakal tau kalo FD gw bakalan rusak? Lagian dari kemaren sebelum maju gw udah pernah bilang back up datanya ke laptop lu, jangan cuma ngandelin FD gw aja! Lu piker gw mau apa FD gw rusak, data tugas gw juga banyak di sini”. Biasalah emosi tingkat tinggi tidak terbendung, karena emosi kita masih labil. *jangan ngebayang hal yang ngak – ngak, karena kita wanita berpendidikan tinggi, kalo adu mulut gak sampe main jenggut –jenggutan ala berantemnya anak muda di tipi – tipi. Kita cuma adu mulut sambil banting – banting pintu dan kursi. Hhahha..

Sita dengan segala kelembutanya, melerai kami dan mencoba bikin PP baru lagi, sita minta bahan mentahanya tapi memed gak ngasih, katanya ketik aja sendiri dari bahan makalah yang uda di print. Saat ini sita jadi pahlawan karena dia rela ngetik, dan alhamdulilah dalam 1 hari kita bisa nyelesain ntu PP secara manual (ngetik) bukan hasil copas dari makalah yang mentahnya.

Minggu depan saat kita mau maju presentasi lagi,,, eeehhhhhh…. Allah punya rencana lain lagi, makalah yang uda di print yang dikumpulin ke dosen ternyata ilang, gada di meja gurunya. Jadi kami di kasi waktu 1 minggu lagi untuk ngeprint ulang.

Berhubung tinggal ngeprint, jadi kami santai – santai aja, dan tiba – tiba tersadar karena, laptop memed baru aja di install ulang karena ngehang kebanyakan data.

Wahhhh…. Kita panic,, bingung harus gimana?? Soalnya cuma dia aja yang punya mentahannya, dulu waktu sita minta gak di kasih, sekarang kita bingung harus gimana, ngetik ulang lagi kah??? Atau haruskah kejadian adu mulut kaya dulu terjadi lagi? Haruskah ada kursi yang melayang – laying lagi di udara?? Haruskah ada pintu yang dibanting – banting lagi??? Ternyata jawabanya “TIDAK”.

Untung si aad dateng,, “tenang gw punya mentahanya, kan dulu si mamed pernah nyuruh gw ngeprint, jadi mentahanya ada di gw”. Sekarang si aad lah pahlawannya. *ayo mari kita junjung aad tinggi – tinggi, kita gendpng dia ibarat bintang bola yang baru saja meng-gol kan bola. Ayo kita lempar aad ke atas, lalu tinggalkan. Hhhaha… senang banget karena kita gak harus kerja 2x untuk itu.

Minggu ini kita gak jadi maju presentasi, karena dosen yang bersangkutan sedang sibuk, jadi dia gak dateng dehh.

Kita yang berusaha, namun allah yang maha tahu, allah yang punya rencana, kita dapat berita duka, laptop sita ilang, ilang waktu di tinggal di kelas, saat dia lagi keluar untuk ngurusin penkesnya yang belum selese. Kita syok, sapa orang yang tega berbuat itu?? Apakah orang dalam?? Atau emang orang luar?? Atau orang luar yang bekerjasama dengan orang dalam?? Entahlah, hanya yang ALLAH maha mengetahui, Allah punya rencana lain.

Dan kejadaian yang sama terulang lagi, karena sudah mengandalkan laptop sita kita lupa tidak mem back up data. Laptop ilang, data dan tugas juga pun melayang.

Hmm…… semuga laptop sita kembali, kalo emang masih rizkinya pasti kembali,,

JADI BUAT LU SEMUA ANAK KULIAHAN, YANG MENURUT LU DATA ITU PENTING DAN GAK PENTING, HARAP DI BACK UP UR DATA!!! SEBELUM DATA LU PADA ILANG-ILANGAN!!! BIAR LU GAK KERJA DUA KALI!!!!

5 komentar:

Three mengatakan...

Untungnya aku suka ngback up data yang penting, buat antisipasi :).

millati_bae mengatakan...

Hmm, cerita yang seru. Tapi serem juga kelasnya kalo ampe ada laptop ilang..

Iman mengatakan...

Kunjungan perdana, salam kenal ya. Tulisannya lucu dan menarik. Walau banyak cobaan tetap semangat ya, insya Allah ada hikmahnya :)

manis.asam.asin mengatakan...

@celoteh
antisipasiii yg baguss...

@mb milati
iiia serem bgt,,, soalnya org umum bebas bekiaran,,,

@Imam..
terimakasiii kunjungannya.. :)

Unknown mengatakan...

Bismillah,, kunjungan perdana!
salam ukhuwah!
Nice blog and postingan!