Rabu, 22 Desember 2010

aku dan ibuku

Dalam rangka memperingati hari ibu,,,, ini ku persembahkan untuk ibuku yang cantik,, manis,, baik hati dan jelita..

Di dunia ini mahluk yang kaya nyokap gw ini cuma 1 atau ada banyak iia kopiannya????

Mungkin sampai saat ini kira – kira gw uda lebih dari 1 bulan gak pulang – pulang ke rumah,, gw kangen ama rumah,, bukan,, bukan karena gw kabur dari rumah terus gw gak berani pulang,, tapi karena gw kuliah, tugas yang cukup banyak ngebuat gw gak sempet untuk pulang ke rumah. Lagi kangen – kangennya gw sama nyoka dan keadaan rumah, tiba – tiba nyokap nelepon. Seneng bukan main gw, apalagi ngedenger kabar nyokap gw mau kesini,, mau ngunjungi gw.

“mba, ibu besok mau ke sana. Kamu mau di bawaain apa???” Langsung aja gw pesen makanan yang banyak, gw “minta di bawain rendang, rawon setan, ama omelet kesukaan gw.” (lumayan lauk makan bisa buat 2-3 hari). Gak usah gw tanya kalo nyokap mau ke sini dia pasti kangen berat ama gw, sampe dia belai – belain ke sini. Biasanya nyokap gw paling ogah di suruh main.

Besok itu adalah hari ini sekarang, hari yang gw tunggu gw akan menyambut kedatangan nyokap gw, dia bilang dari rumah berangkat jam 7 pagi,, yahh… kira – kira sekitar jam 10 uda nyampe ke sini.

“mba lagi di mana?? Ibu uda nyampe nihh,, di tunggu di depan masjid aja iia mba”.

Nyampe di depan masjid, “astagfirllah haladzim,, anakku gendut banget,, kamu seneng nak kuliah?? Sampe badannya bisa nambah gede gini?? Makmur iia kamu tinggal disini?”, anjrittt nyokap gw teriak – teriak kaya abis ketemu hantu. Sontak orang – orang yang ada di sekitar mesjid pada liatin gw. gw juga gak kalah kaget ternyata nyokap gw ke sini gak sendirian, nyokap gw bawa mama ayu ama mama riris. Wahhh.. gw terharu. Cipika – cipiki,, salim tangan,, kira – kira 10 menit kemudian, nyokap langsung bilang, “mba, uda yahh.. ibu mau ke tanah abang, takut kesorean ntar keburu tutup lagi”.

(APA!!! pantesan dia ngebela – belain mau jenguk gw, ternyata dia mau belanja di tanah abang!! OMG!! siiaLLL… di sini gw kangen,, eehhh… dia malah mentingin ke tanah abang!! Gw sadar ternyata nyokap bawa mama riris ntu sebagai penunjuk jalan, bawa mama ayu ternyata dia yang bawa mobil)

Kira – kira kita berjumpa Cuma sekitar 15 menit. Rasa kangen gw belum terobati,, huuuhhh… jadi BT nyokap lebih mentingin ke tanah abang dari pada kangen – kengenan ama gw.

Dreeettt…drreeettt… wew hp getar,, uppsh.. sang ibu nelepon. Pasti dia nyesel karena uda ninggalin gw,, dan sekarang dia mau mampir ke tempat gw lagi, dan langsung nina boboin gw mpe tidur. “mab,, ntar ibu mau ke tempat kamu lagi”. (yessss…. Bener dugaan gw,, dia mau ke tempat gw lagi). “kamu rencananya mau pulang kapan??” (asikk.. dia pasti mau nginep dulu ntar hari sabtu ngajak balik bareng, hehe… *ketawa giirang sambil berpikir ide – ide usil mumpung nyokap di samping gw).

Kira – kira 10 menit dari putus telepon, nyokap gw nyampe di depan gw.

“mba, jadi kamu pulangnya kapan??”

“gak tau bu,, tugas masih banyak, kalo pulang libur sehari duang cape di jalan. Emang kenapa bu??” (ayoooo…. Ibu,,, paksa saia untuk pulang sekarang. :D ayooo bilang,, tugas ntar ntar aja.)

“ini ibu mau nitip belanjaan, belanjaan ibu kebanyakan, tadi ketemu mama ido, jadi gak enak, kita tawarin bareng aja sekalian. Eehh… malah gak cukup mobilnya”.

“terussss maksudnya????”. (perasaan gw mulai kaga enak).

“kamu pulang sabtu ini aja, ibu nitip ini. Hari sabtu kamu pulang sekalian bawaan ini. Bisakan sayang?”

“apa bu, bawain apa??” sambil ngelirik tajam karung bawaan nyokap gw, gw bingung dehh. Ntu karung isinya apa,, jangan – jangan dia nyulik anak – anak di tanah abang lagi. Ohhh my god!!! Bisa – bisa gw di pruitin polisi kalo bawa begituan, bisa dikira maling gw.

***

Tugasnya numpuk banget… pusing…banyak bangettt…

Teringat kata – kata guru matematika gw di NF dulu,

“kalo punya tugas banyak jangan dipikirin aja!!”

“lahh,, terus diapain dung pak???”

“iiia dikerjainlah!!! Kalo dipikirin mulu gak akan selese – selese!!”.

***

Oia,, sebelum nyokap gw bener – bener pulang nyokap gw ngasih pelajaran berharga buat gw.. nyokap itu punya jiwa bisnis besar banget, jadi hasil belanjaan yang tadi ketanah abang ternyata untuk di jual ulang.

Tips – tips penting dari sang nyokap :

1. Kalo kamu mau belanja, silahkan belanja di pusatnya. Rasionalnya : harga di pusat relatuf jauh lebih murah.

2. Saat belanja di anjurkan untuk membawa orang yang pintar menawar. Rasionalnya : si jago tawar dapat melahap semua benda yang diinginkan, dengan demikian memudahkan dan menghemat waktu.

3. Belanjalah sesuatu yang kita suka,sesuai selera kita. Rasionalnya : kalo paitnya ntu barang kaga laku, bisa dipake kita sendiri.

4. Usahakan sebelum belanja di toko, kita harus mengetahui asal daerah si mpunya toko. Rasionalnya : para pedagang punya jiwa sosial tinggi, harga bisa langsung jatuh 50% dari harga sebenarnya. Asal daerah bisa dilihat dari nama toko, logat dan wajah si mpunya toko.

***

Akhirnya setelah 1,5 bulan dari kedatangan nyokap gw, gw punya kesempatan pulang ke rumah. Seneng (so pasti!!), bahagia (tentu saja). Gw seneng banget kalo bisa pulang ke rumah, soalnya di rumah gw bagaikan raja, percaya ga?? (wajib percayalah!!).

Saat gw sms nyokap ‘bu, insyaallah minggu ini qori pulang”.

Sang nyokap langsung nelepon gw, “mba beneran jadi pulang?? Mau ibu masakin apa anakku?? Mau di beliin apa??”

“gak usah repot – repot bu,, masakin aja sop buntut sama sambelnya yang pedes banget, jangan lupa bawang gorengnya yang banyak bu!!! Oia bu,, beliin martabak telur ama martabak manis yang coklat kacang iia bu!”. (haha… maklum anak kesayangan, sudah lama tak berjumpa, sekalinya berjumpa punya banyak permintaan)

“ … “

“ … “

Sesampainya di rumah,,

“mana taperware ibu yang tadi kamu bilang tadi dimakan tikus?? berapa yang dimakan tikus??? haduuu mba emang tikus di sana seberapa ganas sihh sampe taperware ibu dimakan?? Doyan banget ntu tikus ama taperware ibu?? Kamu tau gak??? Ibu tu ngoleksi taperware ampe gak beli baso berbulan – bulan,, gak jajan. Hadu – hadu ibu gak habis piker qo bisa. Emang kamu taruh dimana, emang gak langsung di cuci, … (dan seribu perentetan pertanyaan yang gak ada habis dan ujungnya)”.

(STOP!!! Haduuu… nyokap gw gak tau apa gw baru datang,, alas kaki aja belum di lepas..tanya dunggg apa kabar,, gimana kuliahnya,, uda kena ceramah aja… huuuuufffffffftttttttttttttttttttt…………… diiringi soundtrack *cape dehh : project pop*)

6 komentar:

Rawins mengatakan...

sabar...
ibu sebenarnya baik kok. cuma ga semua kebaikan ortu bisa kita terima dengan baik...
aku juga gitu

inge / cyber dreamer mengatakan...

sabaaaaar.....

yang pasti ibu seneng banget mba' udah pulang walo yang pertama ditanyain tupperwarenya :D

shaleh mengatakan...

sebenarnya ibunya to sayang, cuma bingung aja cara ungkapkannya ..._

millati_bae mengatakan...

aku juga kalo di rumah suka minta aneh2. berhubung pulangnya bisa ampe setahun sekali, ya diturutin deh sama ibu :D

mbah mengatakan...

kangen ibu ku

manis.asam.asin mengatakan...

:)