Rabu, 17 November 2010

sakit itu mahal

memang tidak mudah,, tapi dosen gw berkata harus biasa!!supaya tidak membuat stress!!
mulai sekarang ubah paradigma dalam :
  • saat di marahin ibaratkan mendengarkan musik
  • saat terus berjalan ibaratkan seperti sedang bertamasya
  • saat sedang membaca buku panduan yang tebal ibaratkan seperti membaca novel harry potter yang ke 5.
  • saat sedang mengerjakan tugas ibaratkan seperti sedang membalas komen-komen di pesbuk.
  • saat keringat berkucuran artikan kita sedang berolahraga

itulah kata-kata yang ku ingat ketika wali dosen ku memberi pengarahan sebelum kita praktek ruangan mulai hari senin, 15 november 2010, selama 6 minggu kita praktek dengan rincian 2 minggu di poli, 4 minggu praktek KMB (Keperawatan Medika Bedah) di ruangan. dan untuk praktek saat ini gw kebagian jatah 2 minggu pertama di poli, dan 4 minggu berikutnya di ruangan, ruang mawar. namanya manusia perjalan hidup gak akan pernah mulus, apalagi kita yang masih mahasiswa pasti akan melakukan kesalahan, maka dari itu dosen wali kita sudah mewanti-wanti sebelum praktek.

hari senin, 15 nov 2010.
di sini ada banyak sekali poli, maka kita semua di bagi-bagi rata dan di rotasi sehingga semua mahasiswa bisa merasakan semua poli. hari ini aku kedapatan poli jantung.
di sini gw bisa melihat banyak sekali nenek-nenek dan kakek-kakek berdatangan,, rata-rata dari mereka berpasangan, setelah mereka di tensi mereka di ajak ke sebuah kamar untuk diperiksa rekam jantungnya, di sini gw membantu dan diajarkan kakak ruangannya untuk memasang dan membaca hasil EKG.
kesimpulanya : wajar jika kakek dan nenek disini yang datang, karena sistem tubuhnya tidak bisa senormal dulu, walau tidak menutup kemungkinan jika kita bisa menjaga kesehatan sedini mungkin, kita gak akan kena penyakit. so JAGA KESEHATAN mulai dari sekarang supaya di hari tua kita tetap berbadan sehat.
hikmah yang gw dapet: di sini gw menemukan arti kesetiaan,, kestiaan yang diberikan seorang kakak dan nenek,, meereka sudah sangat tua, tapi mereka tetap bersatu,, semuga kelak ayah dan ibuku seperti itu, dan aku juga seperti itu. amin *pasangan nenek-kakek ntu bikin iri,, jadii pengen cepet2 merried"

ada sesorang suster yang menyuruh aku untuk mengantarkan file yang tertinggal ke poli hemodialisa.
teman, tau kah kamu apa itu ruang hemodialisa, ruang hemodialisa adalah ruang untuk mengganti darah di tubuh kita, karena ginjal sudah tidak dapat bekerja secara optimal, sehingga di perlukan tindakan untuk cuci darah, karena darah kita beredar keseluruh tubuh,darah yang tadinya bersih karena sudah jalan-jalan keseluruh tubuh,maka bisa jadi kotor, darah yang kotor di tubuh kita bisa berbahaya jika tidak di keluarkan karena mengandung racun dan sisa-sisa metabolisme. harga untuk sekali cuci darah adalah minimal 600ribu, dan setiap minggu bisa di lakukan pencucian darah sebanyak 2-3 kali seminggu. bisa di bayangkan berapa biaya yang di butuhkan perbulan untuk kita tetap terus hidup???

di sini, saat aku memberikan file kepada orang yang dituju aku di kagetkan dengan remaja berusia sekitar seumuranku sedang tidur tebaring dengan lengan kanannya di pasang banyak sekali kabel-kabel dan bila ditelusuri kabel-kabel itu dihubungkan dengan mesin besar yang aku tahu itu adalah mesin hemodialisa. kasihan sekali wanita itu, masi muda belia tapi sudah harus cuci darah, bisa dibayangkan betapa sedih perasaanya. aku tertarik sekali untuk berbicara dengan keluaranya, lalu aku mulai membuka pembicaraan dengan keluarga (ibunya) pasien.
"ibu,anaknya kenapa? qo bisa sampai cuci darah gini?"
"dokter bilang,ginjalnya sudah tidak bisa berfungsi." jawab ibunya lemas.
"sejak kapan cuci darahnya bu?" tanyaku lagi pensaran.
"sekitar 2 bulan yang lalu".
"kenapa qo bisa begitu?"
"ini anak saya semenjak puber berat badannya gak terkontrol, makin gendut. lalu semenjak sekitar SMP dia mulai minum-minum obat pelangsing,jamu pelangsing,pokoknya dia minum semua yang di iklan bisa melangsingkan badan". *wahhh... ni anak korban iklan nee* "padahal saya sudah berulang kali melarang dia, tapi dianya gak percaya".
*wewww,, tersadar kalo gw juga salah satu orang yang rajin minum obat pelangsing dan produk langsing lainnya. huuuaaahhh... mulai sekarang harus segera di stop dan langsung buang semua produk pelangsing, sekarang juga!*

padahal pernah ada pelajaran tentang ginjal, dan aku juga sebenernya uda tau kalo produk seperti itu bisa membuat ginjal kita rusak, tapi ya namanya juga anak muda, gak akan kapok kalo korban belum di depan mata. tapi mulai saat ini aku harus stop itu semua, cukup dengan olahraga dan mengatur pola makan, jika memang ternyata masi montok (di baca: gendut) ya sudahlah tak apa.

ku lihat sebelah dari tempat tidur ini juga ada pria tampan umurnya mungkin beda 4-7 tahun ama gw,, haduuuuhh... kasian sekali mereka,, masi muda sudah harus bolak balik cuci darah.. gak terhitung biaya yang dia butuhkan untuk tetap hidup.

hari selasa, 16 nov 2010
hari ini waktunya bertugas ke poli endoscopy,, di sini kita bisa mengecek bagian dalam tubuh kita tampa harus di bedah-bedah,, endoscopi dalam bahasa sederhana adalah memasukan kamera ke bagian saluran pencernaan,, untuk rasa sakitnya tidak bedah jauh dengan pembedahan,, tidak usah kuatir tentu saja sebelumnya kita harus di anastesi dahulu,, bius lokal,, supaya masih bisa berkomunikasi saat tindakan berlangsung. namun karena di ruang endoscopy tindakan adanya jam 10 siang,, untuk mengefisienkan waktu suster ruangan di sana menyuruh kami untuk datang dan melihat biopsi hati di ruang USG.

sejujurnya, untuk melihat darah dan jarum suntik saja saya masi takut,, dan sekarang gw kudu ngeliat tindakan biopsi,, oh my god.. gw takut baget.. *biopsi adalah pengambilan jaringan, yang berguna untk pemerikasaan*. sebelum dilakukan biopsi dokternya ngebius pasien dulu,, di sini gw masii bertahan,, tapi stelah itu,, di saat dokter mengluarkan pisau bedahnya,, dan mengeluarkan jarum panjang dan besar sebesar jarum sulam.. saat jarum yang besar itu mulai masuk ke dalam tubuh pasien,, seketika itu juga gw teriiiakkk jempaitan,, padahal pasiennya diem aja,, gw malah teriak-teriak.. yupph,, harap maklum,, reflek..

semuanya tindakan untuk tetap kelangsungan itu mahal banget,, dan tidaak jarang tindakan yang dilakukan juga bisa sangat menyakitkan..

jadi kesimpulan yang gw dapet saat itu adalah:
jaga semua kesehatan lo,, karena jika salah satu organ penting lu uda gak berfungsi secara normal bakalan sangat berbahaya..
jaga kesehatan lu semua,, karena sakit itu mahal,, ketika yang lain sedang berjuang membahayar mahal untuk tetap bertahan hidup,, kalian malah membayar mahal untuk merusak hidup kalian sendiri.

"Kesehatan emang buka apa-apa,, tapi tanpa kesehatan hidup lu bukan apa-apa"

10 komentar:

inge / cyber dreamer mengatakan...

mengubah paradigmanya keren, terutama bagian : saat sedang membaca buku panduan yang tebal ibaratkan seperti membaca novel harry potter yang ke 5. >> yup harpot 5 emang tebel abizzz >.<

suka dengan kalimat terakhirnya... ^^

kegiatannya padat banget yah -_-"
semangaaaaat ^^

Ferdinand mengatakan...

Kayanya kesehatan emank penting tuh... lagian gak bisa ngapa2in juga klo gak sehat hhe....

klo tugas kuliah mah kebetulan udah lama lulus jadi udah gak mikirin hhe.. tapi unik amat ya tuh dosen ngasih petuahnya hhe....

Oiya slam knal... sekalian Aku Follow (DJ Site)... Follow balik ya Thnx :P

manis.asam.asin mengatakan...

@inge,, iiia kadang - kadang kalo lagi padat,, padat banget mpe merayap..
tp kl lagi gada tugas,, santaii banget kaya di pantaii,,

@ferdinand..
iia salam kenal juga,, ok ok ntar aku follow balik.. :D

Qori Reader mengatakan...

aduh, ane baca paragraf awalnya doang... untuk selanjutnya kagak ngerti dunia perdukunan*eh perkuliahan coz baru memulai.

Muhammad A Vip mengatakan...

makasih nasehatnya, oh...kenapa sakit juga mahal, padahal cabe sekarang mahal.

Seiri Hanako mengatakan...

tentu saja mahal
apalagi daku yg tiap hari sama orang sakit
duh kasian banget deh

Bali Property mengatakan...

Aku tadi agak bingung dengan judulnya sakit itu mahal? kok bukan sehat itu mahal ya? hehe..
benar juga, mahal-mahal beli prodk, hanya malah membuat sakit.
Bali Villas Bali Villa

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

makanya lebih baik mencegah daripada mengobati.

Celotehan mengatakan...

iya mumpung masih muda jadi harus jaga kesehatan dari sekarang,

genial mengatakan...

lebih baik mencegah dari pada mengobati :(