Kamis, 12 Februari 2009

lulus SMA mu lanjut kemana??

'setelah SMA mau masuk kemana iiah?!'

hal yang selalu dipertanyakan anak-anak SMA kelas 3.
seperti yang gw alami saat ini.

Ada 3 opsi yang bisa kita pilih.
Masing-masing punya segi positif dan negatifnya, dan saya akan mencoba menjabarkan semua informasi yang saya dapatkan.
Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

A. masuk universitas ternama, terfavorit.
Misalnya UI,UGM dll. Tentu ini jadi banyak pilihan orang. Karena mereka pikir jika bisa masuk UI sepertinya punya kebanggaan tersendiri karena kita sudah mengalahkan ribuan orang untuk masuk ke universitas terfavorit.
Ada sebagian yang berpikir kalo masuk univ favorit kita bisa nambah motifasi belajar, soalnya malu dumm kalo kita yang paling bodoh.
Jangan salah, kalo otak kita tidak bisa mengikuti yang ada kita malah keseret-seret dan bisa-bisa di DO.

B. masuk ke universitas yang biasa aja. Karena di situ kita bisa meraih prestasi dengan mudah. ikut semua lomba, dan jadi pemenangnya. Dengan demikian kita bisa membawa nama univ lebih maju lagi.
Ada pula yang beranggapan ngapain sekolah di tempat yang bagus-bagus kalo nilai IP nya cuma 2, mending di sini gw bisa dapet lebih dari 3.

C. masuk universitas yang punya ikatan dinas. Contoh: STIS. jadi saat kita keluar dari situ, kita bisa langsung dapet kerja.
Ini memang enak untuk di pilih tapi jangan senang dulu, setelah kuliah kita harus siap untuk di kirim diberbagai pelosok indonesia. Tapi jangan kawatir, kalo kalian mampu dan bisa jadi terbaik,kalian bisa milih daerah mana yang mau kalian jadikan tempat kerja.

mana yang jadi pilihan mu?
Itu semua ada resiko dan manfaatnya sendiri-sendiri. Tergantung dari perspektif mana kita menilai.

Semuga bermanfaat

Tidak ada komentar: